Aplikasi-aplikasi Kuliah Online

Himbauan pemerintah untuk melaksanakan social distancing pada akhirnya diikuti sekolah-sekolah maupun kampus-kampus untuk mengubah sistem pembelajarannya menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Implementasi PJJ saat ini bukanlah hal yang sulit lagi dengan sudah pesatnya perkembangan teknologi informasi. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung PJJ. Saya akan menyampaikan dua macam aplikasi, bukan karena itu yang terbaik tetapi karena dua jenis itu yang saya pakai dan gratis, yang dapat digunakan untuk mendukung PJJ.

GSuit for Education

Google Suit for Education atau lebih populer dengan sebutan GSuit adalah aplikasi-aplikasi dari Google yang diperuntukkan lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Layanan ini sifatnya gratis, hanya perlu mendaftar terlebih dahulu untuk kemudian diverifikasi sebagai lembaga pendidikan. Kampus yang mendapatkan layanan ini bisa mempunyai akun gmail namun dengan nama domainnya, misal: email@namakampus.ac.id. Meskipun sebenarnya sama seperti akun gmail gratisan lainnya, namun tentunya lebih terlihat keren kan dengan nama domainnya. Selain e-mail, aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk PJJ antara lain: google classroom dan google hangouts meet.

Google classroom adalah sistem pembelajaran online secara asynchronize, yang artinya meskipun online namun tidak real time. Aplikasi ini menyediakan forum diskusi, posting pengumuman, upload materi perkuliahan, upload tugas, dll. Sedangkan google hangouts meet adalah sistem pembelajaran online secara synchronize, atau real time. Melalui G Meet ini kita dapat melakukan kuliah tatap muka secara online memanfaatkan video conference. Jika tertarik menggunakan aplikasi ini silakan unduh panduan yang saya buat ini. Kedua aplikasi ini bukan hanya dapat dijalankan di browser namun juga di smartphone dengan mengunduh aplikasinya.

Office 365 Education

Office 365 Education adalah layanan dari Microsoft untuk pendidikan. Untuk paket A1 Education kita dapat mengakses aplikasi-aplikasi Ms. Office online secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan secara kolaboratif. Sedangkan apabila menggunakan paket A3 atau A5 maka kita dapat mengunduh Windows maupun Office 365 untuk desktop, namun berbayar. Office 365 Education juga menyediakan layanan email seperto GSuit, namun tidak bisa dua-duanya dipakai, pilih pakai Gsuit atau Office 365 untuk layanan email.

PJJ juga dapat memanfaatkan layanan ini melalui aplikasi Microsoft Teams yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi video conference Zoom.